Sofyan Tan Schoolarship

14 April 2017

Bagikan Twitter Kirim Via Whatsapp

Program Sofyan Tan Scholarship merupakan kelanjutan atau kesinambungan dan pengembangan dari Program Anak Asuh Berantai Bersifat Silang (PAABS) yang telah dibentuk Ketua Dewan Pembina, Bapak dr. Sofyan Tan sejak tahun 1990 di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda. Jika PAABS merupakan Program yang berupaya memberikan kesempatan kepada siswa dari keluarga kurang mampu (miskin) untuk bisa sekolah dan mendapatkan bekal pendidikan hingga menamatkan study di tingkat SMA/SMK, maka Sofyan Tan Scholarship ditujukan untuk memfasilitasi siswa kelas XII SMA/SMK agar dapat menyelesaikan pendidikan sampai ke jenjang Strata 1 (Sarjana), terutama utnuk disiplin 3 kategori ilmu yaitu Kedokteran, Keguruan dan Umum di Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia, sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikannya sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa ini adalah salah satu bentuk kepedulian Bapak dr. Sofyan Tan sebagai KETUA Dewan Pembina YP. Sultan Iskandar Muda sekaligus anggota DPR RI terhadap anak – anak penerus Bangsa yang ingin melanjutkan pendidikannya sampai ke Perguruan Tinggi Negeri dengan sasaran Penerima Beasiswa “Sofyan Tan Scholarship” adalah siswa kekas XII SMA/SMK  yang akan tamat pada setiap tahun  pelajaran. Beasiswa Sofyan Tan Scholarship sendiri berdiri pada tahun 2013.

Tujuan Pemberian Beasiswa:

1.    Untuk membantu para siswa agar mereka bisa mencari ilmu sesuai bidang yang ingin dikuasai.
2.    Menciptakan pemerataan suatu ilmu pengetahuan atau pendidikan kepada setiap orang yang membutuhkan. Semua orang punya hak untuk belajar. Namun, keterbatasan biaya sehingga menyebabkan siswa tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Maka dari itu, beasiswa ini diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut.
3.    Menciptakan generasi muda yang cerdas, pintar, berbudi dan menghargai keberagaman. Diharapkan dengan adanya bantuan ini maka generasi muda punya kesempatan untuk mendapat pendidikan yang lebih tinggi. Disamping itu para penerima beasiswa dapat menjadi generasi muda yang peduli terhadap sesama tanpa memandang suku, agama, ras maupun tingkat sosial ekonominya.
4.    Meningkatkan kesejahteraan generasi muda. SDM yang cerdas diharapkan mereka bisa memberi bantuan lewat ide dan ilmu pengetahuan yang telah diperolehnya ketika menjalani masa pendidikan.

Syarat Penerima “ SOFYAN TAN SCHOLARSHIP”

  1. Terdaftar sebagai siswa kelas XII SMA/SMK pada Tahun Pelajaran pelamar tersebut melamar.
  2. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa “Sofyan Tan Scholarship”
  3. Mengikuti proses seleksi yang diadakan Tim seleksi Beasiswa “Spfyan Tan Scholarship” sesuai waktu dan ketentuan yang ditetapkan oleh panita.
  4. Lulus pada jalur SNMPTN atau SBMPTN tahun 2013 dan bukan jalur mandiri.
  5. Berkelakuan baik dibuktikan surat keterangan dari BP SMA atau BP SMK.
  6. Mendapat rekomendasi dari wali kelas XII SMA/SMK dan Kepala Sekolah.
  7. Mendapat surat persetujuan dari orang tua tentang pengajuan beasiswa.
  8. Memiliki semangat yang tinggi dalam belajar dan mencari ilmu pengetahuan serta punya jiwa social yang tinggi.
  9. Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain
  10. Tidak melakukan tinfak criminal dan berusaha untuk selalu menjaga nama baik seorang scholar.
  11. Fasilitas “Sofyan Tan Scholarship”
  12. Uang SPP selama 10 semester untuk Kedokteran dan 9 semester untuk keguruan dan umum.
  13. Biaya awal masuk perkuliahan seperti Dana Kelengkapan Akademik, matrikulasi, dan sumbangan pendidikan.