Maruarar Sirait Apresiasi Yayasan Sofyan Tan di Medan yang Pluralis-Pancasilais

17 Juli 2017

Bagikan Twitter Kirim Via Whatsapp

Medan (SIB) – Politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengunjungi sekolah milik Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Jalan Tengku Amir Hamzah Pekan I, Gang Bakul, Medan Sunggal, Sunggal, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara (Sabtu, 15/7).

Yayasan ini didirikan oleh Sofyan Tan. Sofyan Tan merupakan seorang dokter yang terjun ke dalam bidang pelayanan dan pengembangan masyarakat di Sumatera Utara, yang kini menjadi anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan.

Yayasan ini didirikan Sofyan Tan pada tahun 1987 dengan tujuan mengembangkan pendidikan bagi anak-anak yang tak mampu, dengan asas pembauran. Di sekolah yang didirikannya itu tidak ada kelompok mayoritas atau minoritas, karena Sofyan mengusahakan agar berbagai kelompok yang ada di masyarakat terwakili di sana. Jadi, murid-murid sekolah yang dikelolanya terdiri dari anak-anak Tionghoa, Melayu, Batak, India, dan lain-lain.

Selain itu, di sekolah ini juga dibangun rumah ibadah dari lima agama. Yaitu pura, wihara, mesjid dan gereja.

“Pak Sofyan Tan ini seorang tokoh pluralis. Bukan hanya dalam kata-kata saja, tapi juga dalam tindakan,” kata Maruarar, saat menyampaikan sambutan dalam penerimaan siswa baru ini, yang dimulai dengan dengan doa dari 5 keyakinan agama di Indonesia,

Menurut Maruarar, sekolah-sekolah di Indonesia perlu meniru sekolah yang dibangun dan didirikan Sofyan Tan ini. Bila sekolah ini ditiru maka tidak akan ada paham radikalisme yang menjangkiti kelompok remaja, yang berdasarkan penelitian cukup banyak.

“Semoga sekolah ini bisa melahirkan Sofyan Tan- Sofyan Tan yang baru,” ungkap Maruarar.

Maruarar percaya pondasi membangun sekolah yang berdiri sudah 30 tahun ini adalah keyakinan. Dengan keyakinan itulah maka sekolah yang dimulai oleh 7 kelas ini bisa berdiri dan bertahan, bahkan berkembang hingga kini.

“Adik-adik yang sekolah disini juga harus yakin. Pemimpin juga harus punya keyakinan,” ungkap Maruarar.(R24/rel)


Sumber : http://hariansib.co/view/Medan-Sekitarnya/173910/Maruarar-Sirait-Apresiasi-Yayasan-Sofyan-Tan-di-Medan-yang-Pluralis-Pancasilais.html