YP Sultan Iskandar Muda Wisuda dan Lepas Siswa-siswi SMK

07 Mei 2017

Bagikan Twitter Kirim Via Whatsapp
Yayasan Perguruan (YP)  Sultan Iskandar Muda menggelar wisuda dan pelepasan terhadap siswa SMK Angkatan ke 25 tahun Pelajaran 2016/2017 di halaman sekolah, Jalan T Amir Hamzah, Sabtu (6/5). Kegiatan ini berlangsung meriah karena diisi dengan pertunjukan kesenian serta khidmat karena prosesi pelepasan terasa sangat mengharukan.
Prosesi wisuda yang dipimpin oleh Kepala SMK Elly Sorta Maria SPd  terhadap 78 pelajar itu dihadiri Ketua Dewan Pembina YP Sultan Iskandar Muda, dr Sofyan Tan, Ketua Yayasan Finche SE MPsi, Perwakilan Tanoto Foundation Yanno dan para orangtua siswa.
Elly Sorta Maria mengatakan, para pelajar yang telah diwisuda  tidak dilepas begitu saja oleh YP Sultan Iskandar Muda, namun tetap menjadi pikiran bagi pihaknya bagaimana agar kelak anak-anak tersebut mendapat pekerjaan maupun melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi.
“Di YP Sultan Iskandar Muda sudah banyak tersedia beasiswa bagi siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikannya.Setelah keluar dari sini tetaplah menjadi pribadi yang telah kami tempa selama 3 tahun .Kita adalah satu keluarga besar YP Sultan Iskandar Muda walau berbeda-beda warna kulit, agama dan ekonomi,”kata Elly Sorta.
Elly Sorta mengingatkan para lulusan agar selalu ingat pada YP Sultan Iskandar sebagai tempat tukar pikiran maupun sebagah wadah alumni.”Jadi kami tidak menutup diri, kalian bukan mantan siswa melainkan adalah anak-anak kami sampai kapanpun,”ucap Elly Sorta terharu.
Sementara itu dr Sofyan Tan mengatakan, matanya selalu berkaca-kaca setiap melihat prosesi wisuda anak didiknya, apalagi  YP Sultan Iskandar Muda telah memasuki usia 30 tahun.”Jadi separuh lebih usia saya itu dihabiskan di sekolah ini.SMK di YP Sultan Iskandar Muda memang lahir terlambat karenannya jumlah alumni baru mencapai 1390 orang,”ucap Sofyan.
Sofyan mengungkapkan, tujuan berdirinya YP Sultan Iskandar Muda  memang bukan untuk mencari uang ataupun mendapat keuntungan, namun semata-mata untuk membantu anak-anak kurang beruntung agar bisa menikmati pendidikan layak dengan fasilitas lengkap sehingga  kedepannya kehidupan mereka lebih beruntung.
“Makanya tenaga dan pikiran selalu saya berikan untuk sekolah ini khsusunya untuk SMK.Kenapa demikian, karena lulusan SMK YP Sultan Iskandar Muda bisa memberikan kontribusi dan perubahan besar bagi keluarga,”ungkapnya.
Secara tidak langsung sebut, Sofyan Tan, lulusan  SMK juga bisa memberikan kontribusi untuk perubahan besar bagi bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik lagi mengingat tahun 2030 negara Indonesia mendapat bonus demografi.
“Artinya orang-orang yang bisa  bekerja atau produktif itu antara usia 20 sampai 60 tahun akan membanjiri negara ini.Bisa diasumsikan dalam satu rumah tangga yang sehat dan bisa bekerja itu lebih banyak daripada orang tua, ekonomi keluarga juga bisa surplus,”tuturnya.
Mewakili para orang tua asuh, Yanno menyatakan turut bergembira dapat mendukung tuntasnya pendidikan
para siswa SMK maupun SMA YP Sultan Iskandar Muda.Untuk Tanoto Foundation sendiri sejak diluncurkannya program beasiswa sekolah menengah pada tahun 2010 sampai saat ini tercatat telah mendukung ketuntasan pendidikan siswa kelas XII SMK YP Sultan iskandar Muda sebanyak 15 siswa dari total 86 siswa penerima beasiswa Tanoto Foundation.
“Dalam waktu kurun waktu 7 tahun jumlah total penerima beasiswa Tanoto di SMK dan SMA Sultan Iskandar Muda telah melebihi 200 orang siswa.Bapak Sukanto Tanoto selaku pendiri Tanoto Foundation turut bergembira dapat membantu anak-anak ibu dan bapak untuk mendapatkan akses pendidikan dengan baik,”ucap Yanno.
Yanno juga menyampaikan pesan agar para siswa SMK untuk terus melatih skill atau keterampilan yang telah didapat dari sekolah maupun saat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi nanti.”Yakinlah selama kita memiliki skill, maka kita akan banyak dilirik oleh dunia kerja dan usaha,”pesan Yanno.()