Komisi X DPR RI Pastikan Persiapan UNBK SMP

25 April 2017

Bagikan Twitter Kirim Via Whatsapp

TIM Komisi X saat Mengunjungi YPSIM.

Medan – Dalam rangka pengawasan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP, Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI mengunjungi sejumlah sekolah negeri dan swasta di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), diantaranya SMP Negeri 1, Jalan Bunga Asoka  Medan Selayang dan Yayasan Perguruan (YP) Sultan Iskandar Muda, Jalan T Amir Hamzah, Medan Sunggal, Jum’at (21/4).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Tim Rombongan, Ir Sutan Adil Hendra bersama  anggota Komisi X DPR RI yang berjumlah sekira 20 orang itu meninjau sejumlah fasilitas, sarana dan prasarana, serta secara langsung berinteraksi dengan guru serta siswa dan siswi di kedua sekolah tersebut.

“Hari ini kita melakukan kunjungan spesifik dalam rangka pengawasan UNBK yang terjadi di Sumut.Ternyata tadi kita melihat secara umum  SMP yang mampu melaksanakan UNBK sendiri baru SMP Negeri 1,”kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini.

Kedepannya kata dia, pihaknya akan terus menerus  mendorong pihak sekolah untuk ikut partisipasi dalam pelaksanaan UNBK. Demikian juga dengan Dinas terkait untuk meningkatkan kejujurannya.

“UNBK adalah salah satu upaya kita untuk meningkatkan kejujuran. Integritas daripada siswa juga bisa meningkat secara terus menerus.Mutu pendidikan kedepannya perlu dilihat dari tingkat integritas. Integritas dari seorang siswa diharapkan untuk memperbaiki karakter.Karakter itu intinya kejujuran,”ucap Sutan.

Untuk itu sebut dia, UNBK adalah salah satu solusi agar anak-anak tidak nyontek ataupun membawa kopekan saat ujian.Hal inilah menjadi solusi terbaik walaupun UNBK tidak dipaksakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.”Tapi ini menjadi sesuatu langkah terbaik bagi satuan pendidikan untuk memilih UNBK,”tandasnya.

Anggota DPR RI,dr Sofyan Tan mengatakan, persiapan UNBK baik itu di SMP Negeri 1 dan SMP Sultan Iskandar Muda sejauh ini persiapannya sudah matang dan cukup baik.Namun kedepannya ia berharap akan lebih baik lagi jika sekolah pelaksana UNBK diperbanyak lagi di sejumlah daerah Sumut khususnya di Kota Medan.

“Dalam kunjungan ini kita juga mengecek apa permasalahan yang dihadapi sekolah.Justru karena satu sekolah negeri pelaksana UNBK SMP di Kota Medan makanya kami meninjau.Teman-teman kita rombongan Komisi X DPR RI memang sengaja datang untuk mengecek sarana dan prasarana di sejumlah sekolah agar kedepannya mereka bisa mengusulkan dan lebih banyak membantu sarana dan prasarana sekolah di Sumut,”ujarnya.

Sofyan Tan menambahkan, seharusnya Pemerintah Daerah Sumut juga harus pro aktif melihat kondisi ini dengan menyiapkan anggaran untuk kesuksesan pelaksanaan UNBK SMP di sekolah tanpa bergantung pada pemerintah pusat.